Sejarah desa kuno shirakawa

On Saturday, May 24, 2014 0 comments

Desa shirakawa adalah desa kecil kuno yang bersejarah di sepanjang lembah sungai Shogawa di wilayah Gifu.Desa ini merupakan warisan budaya UNESCO sejak 1995 . Yang membuat desa ini terkenal adalah rumahnya yang berbentuk sangat khas Gasho zukuri . Gasho artinya adalah tangan terkatup saat posisi sedang berdoa , yangserupa dengan bentuk atap rumah ini . Rumah-rumah di desa ini sudah sangat tua sekali , bahkan usianya ada yang mencapai 250 tahun .

Desa terbesar di wilayah shirakawa yaitu Ogimachi ,merupakan satu-satunya desa yang sangat mudah dituju dari kota Takayana maupun Kanazawa . Dan di desa-desa lainya agak sedikit susah dituju dengan transportasi umum . Dari Kanazawa ke Ogimachi ada tiga kali jadwal keberangkatan bus setiap harinya .



Dengan biaya 1,800 yen / sekali jalan (harus daftar sehari sebelum pergi ) . Sedangkan dari Takayana ke Ogimachi ada tujuh  kali jadwal keberangkatan bus setiap harinya , biayanya untuk sekali jalan adalah 2,400 yen , dan juga wajib daftar terlebih dahulu

Semua bus dari Takayana maupun Kanazawa akan berhenti di terminal bus Shirakawa , mulai dari situ anda bisa berjalan kaki lewat jembatan untuk menyebrang ke desa Ogimachi



Sekarang Ogimachi merupakan tempat wisata di Jepang , dan banyak ditemui toko oleh-oleh di setiap sudut .Salah satu oleh-oleh khas dari Ogimachi adalah boneka sarubobo , yaitu boneka yang meggambarkan monyet merah tanpa wajah , yang sering diberikan kepada pasangan yang sedang menantikan anak mereka .

Sebagai doa dan ucapan selamat agar anak yang dilahirkan nanti selamat dan sehat , musim yang sangat bagus untuk mengunjungi desa Shirakawa adalah saat musim salju , saat itulah pemandangan desa sangatlah indah dan cantik .

0 comments:

Post a Comment